Media Baru Globalisasi dan Kebudayaannya



 
Media massa menjadi sebuah ajang untuk menyampaikan sebuah informasi dan dapat memenuhi kebutuhan manusia didunia. Perkembangan media setiap harinya berjalan dengan sangat pesat. Jurnalistik sekarangpun juga mengalami perkembangan pesat dan mengglobal. Perubahan banyak terjadi namun hal ini tidak menyebabkan banyak aspek dari jurnalistik khususnya koran menjadi usang. Banyak masyarakat dunia yang tertarik dengan semua bentuk berita dan informasi yang ada disekeliling mereka.
Jurnalistik cetak, elektronik dan online merupakan ajang makanan pokok sebuah informasi disemua kalangan masyarakat dan hal itu juga mengalami perkembangan sesuai dengan jalannya masing-masing dan juga bersaing secara ketat antara media satu dengan yang lainnya. Jurnalistik sendiri sudah diperoleh sejak Indonesia masih belum merdeka. Perkembangannya di Indonesia mulai tumbuh dengan pesat sejak Indonesia meraih kemerdekaannya.
Jurnalisme juga tidak bias lepas dari yang namanya media, karena media merupakan institusi sedangkan jurnalisme sendiri ialah perangkat dari pengetahuan yang membahas seluk beluk kegiatan yang memungkinkan institusi itu hadir dan berfungsi dalam masyarakat. Kegiatan dalam jurnalisme memiliki inti untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi yang ada. Media yang digunakan dapat berupa media cetak maupun media baru. Pada era globalisasi sekarang ini, berita atau informasi tidak hanya bisa kita dapatkan lewat media cetak maupun media elektronik saja, internet pun sekarang dipandang sebagai media interatifyang berfungsi sebagai media yang menyediakan berbagai informasi didalamnya termasuk berita.
Masyarakat dapat menulis dengan bebas melalui media internet. Saat ini, kebutuhan pokok manusia mulai bertambah seiring dengan berkembangnya jaman. Globalisasi yang melanda dunia ini secara tidak langsung juga mempengaruhi kinerja wartawan dalam dunia jurnalistik. Tidak dapat dipungkiri bahwa penyebaran informasi lewat media internet dapat menjadi komoditas utama terutama dikalangan wartawan. Kebutuhan media massa dan wartawan untuk menyiarkan berita secepat-cepatnya bisa menjadi faktor utama dalam penggunaan internet di dunia jurnalistik.
Internet dapat memungkinkan terciptanya interaksi yang lebih intens antara media berita dan pembacanya. Disini pembaca juga dapat terlibat dalam proses pembuatan berita. Situs jejaring social ini digunakan khalayak sebagai media tambahan untuk menambah tali pertemanan. Jurnalisme online dapat memberikan begitu banyak berita atau informasi pada kebutuhan sehari-hari. Banyak berita yang dapat kita pilih dari berbagai sumber yang akan menjadi referensi kita. Hal yang paling menarik ialah banyak media-media cetak yang juga melirik jurnalisme online sebagai wadah baru penyebaran berita yang mereka miliki.
Media cetak juga menyadari bahwa kebutuhan masyarakat akan berita ditengah arus aktivitas yang super sibuk ini menjadi sangat besar. Jawaban yang menjadi pertanyaan masyarakat luas dapat dipenuhi dengan ketersediaan jurnalisme online yang dapat diakses dengan sangat mudah. Akses internet yang super cepat ini tersedia hamper disetiap sudut kota maupun daerah yang membutuhkan berita akurat dan cepat.
Masyarakat tak perlu banyak waktu untuk membaca berita di Koran dan membaca berita online juga menghemat biaya. Selain itu banyak yang tertarik untuk memasang iklan pada web berita online dan menambah daya Tarik masyarakat untuk mengakses berita yang memiliki tampilan sedemikian rupa sehingga  membuat orang ikut tertarik untuk membukanya.
Perkembangan teknologi media baru menghasilkan perubahan besar dalam politik masyarakat. Media baru yang dirancang untuk meningkatkan jangkauan, kecepatan dan efisiensi komunikasi manusia memiliki potensi untuk memperkuat dan meningkatkan mutu demokrasi. Media baru juga memiliki peran besar dalam upaya para aktivis pro-demokrasi dan golongan kelas menengah untuk menjatuhkan rezim soeharto. Seiring dengan kehadiran sosial media seperti facebook, twiter, youtube dan lainnya, partisipasi kaum politik masyarakat khususnya kaum muda melalui internet meningkat sangat pesat.
Teknologi yang sudah sangat mengglobal ini telah banyak mengubah wajah media. Terlebih dengan semakin banyaknya penyediaan pelayanan internet yang menawarkan harga kompetitif dan mudah terjangkau, ia juga berhasil mengubah wajah media di dunia berkembang. Seiring dengan perkembangannya jaman akan berubah mengikuti arus budaya masyarakatnya dan mediapun harus beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Pers dan kebudayaan bagaikan mata pisau yang menjadi bencana bagi kehidupan public dan perilaku masyarakat karena mapu mendorong perubahan menuju keseimbangan kekuasaan, kearifan dan keunggulan lokal atau daerah.
Berkembanganya pers bagaikan jamur dimusim hujan dan ratusan media cetak maupun elektronik yang bermunculan. Beragam perubahan secara perlahan mulai terjadi di tengah masyarakat. Persoalan dari mulai keagamaan, social budaya, politik dan lainnya seakan mendapat angin segar menuju perubahan yang mengarahkan pemberdayaan masyarakat bersifat partisipatif, karena masyarakat berkreativitas kebudayaan tanpa harus memecah belah kelompok lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan perilaku menyimak

Perkembangan Teknologi Digital di Indonesia

Perkembangan Media Massa Cetak dari Zaman Penjajahan sampai Sekarang