PERAN JURNALISTIK MEDIA




a.      Peran Jurnalistik Media Terhadap Ekonomi

Keefektifan media massa dalam menyampaikan pesan politik telah menjadikannya sebagai ajang baru pertempuran politik. Dengan dicanangkannya deklarasi bahwa abad ini adalah Abad Informasi membuat siapa pun yang memiliki akses kepada media massa mempunyai kemampuan untuk membentuk opini publik sesuai dengan yang diharapkannya. Perang media merupakan suatu keniscayaan dengan adanya kemajuan teknologi. Konsekuensi logisnya, dunia politik tidak dapat dipisahkan dari media massa. Persaingan pun muncul untuk mencari aliansi. dengan suatu media massa guna menjamin lancarnya pesan politik yang ingin disampaikan.
Kenyataan tentang pentingnya media massa bagi partai politik rupanya telah lama disadari. Bahkan koran Kompas yang saat ini bersikap independen, kelahirannya tidak bisa dilepaskan dari eksistensi Partai Katolik. Harian paling besar di Indonesia dan saat ini bisnisnya telah melambung tinggi sehingga memasuki banyak bidang.

b.      Peran Jurnalistik Media Terhadap Industry Kreatif

Pengaruh determinisme ekonomi dalam media di Indonesia memiliki nilai yang  ditentukan oleh konsumsi massa, sedangkan etika dan profesionalisme jurnalis seringkali dikalahkan. Sebagai saluran komunikasi politik dan atau sebagai institusi politik dalam banyak masa dan tempat, media massa dapat meraih posisi sebagai kekuasaan keempat, tetapi sebagai sebuah industri masalahnya menjadi lain. Peranannya sebagai kekuasaan keempat sewaktu-waktu “tercecer” ketika media harus tawar menawar dengan kekuatan pasar dan kekuasaan. Sebagai industri, media sangat terkait dengan fungsi bisnis yang acuannya lebih pada untung rugi yang dapat diraih dalam menyampaikan informasi. Karenanya, walaupun sulit dipisahkan antara aspek institusi dan industri dari sebuah media, tetapi dua aspek media tersebut jelas punya batas-batas masing-masing.

c.       Peran Jurnalistik Media Terhadap Pendidikan
Pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan seseorang. Mengenyam pendidikan dapat dapat terpandang,dan memperoleh ilmu dalam berevolusi lagi menjadi seseorang yang lebih baik. Pendidikan menjadi penting karena pendidikan adalah modal dasar untuk menuju masa depan yang lebih cerah. Dengan pendidikan kita mengetahui apa saja yang terjadi sebelum dan sesudah kita dilahirkan. Media juga berpengaruh terhadap pendidikan karena pendidikanlah yang membuat media semakin meningkat pesat. Pendidikan membawa media kea rah yang lebih positif.

d.      Peran Jurnalistik Media Terhadap Ekonomi
Pengetahuan dan kreativitas yang cepat menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat. Implikasi yang mendalam untuk perdagangan dan pembangunan juga mempengaruhi perekonomian media. Untuk negara industri maju, ekonomi informasi sudah menjadi garis depan dari mana arus kekayaan nasional dan kunci untuk meningkatkan daya saing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan perilaku menyimak

Perkembangan Teknologi Digital di Indonesia

Perkembangan Media Massa Cetak dari Zaman Penjajahan sampai Sekarang