Media bukan Sekadar Mampu Membentuk Opini Publik namun juga Mampu Mempengaruhi Masyarakat Melakukan Aksi Nyata




Media mampu menciptakan kekuatan politik dengan muatan yang bersifat politis. Media yang paling berpengaruh dalam pembentukan opini masyarakat adalah media sosial.  Media sosial dapat dijadikan wadah bagi para politikus untuk membentuk persepsi dan apresiasi masyarakat terhadap pribadi maupun kelompok.
Media massa bukan lagi suatu instrument yang asing ditengah masyarakat. Media begitu mudah sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia. Kekuatan seperti inilah yang membuat media massa sebagai saluran yang dimanfaatkan untuk memberikan dorongan terhadap perubahan sosial. Media bukanlah merupakan ranah netral yang menyamakan berbagai kepentingan dari berbagai kelompok. Media justru menjadi subjek yang menjadikan realita berdasarkan penafsiran sendiri untuk disebarkan kepada khalayak ramai.
Media juga menyediakan kerangka berpikir bagi berkembangnya budaya massa melalui usaha kelompok yang dominan dan terus-menerus berusaha mempertahankan dan meniadakan potensi tandingan dari pihak-pihak yang dikuasai. Pemberitaan oleh suatu media memiliki kecenderungan yang berkaitan dengan media lainnya sehingga terbentuklah rantai informasi yang dapat menambah kekuatan media massa dalam menyebarkan informasi politik dan mampu memperbesar dampak yang diberikan oleh publik.
Peran opini publik terhadap pola pikir, pola sikap dan perilaku masyarakat tidak ada yang meragukan. Media semakin banyak digunakan sebagai penggiring opini masyarakat menuju pencitraan yang diinginkan. Media pun telah menjadi alat pembentuk citra terlebih lagi pada nasa kampanye. Berbagai informasi dan peristiwa yang sampai kepada masyarakat melalui media tidak terlepas dari peranan media massa dalam hubungannya dengan penyampaian informasidan cara menginterpretasi suatu kejadian.
Opini yang berkembang dimasyarakat juga akan menjelma menjadi sikap dan mentalitas dari masyarakat itu sendiri. Pemikiran yang ada pada masyarakat akan menjadi dasar bagi tindak tanduk masyarakatnya. Media memiliki tanggung jawab yang besar dalam upaya membangun bangsa. Opini dapat terbentuk dengan tidak adanya syarat-syarat yang khusus karenanya dalam hal ini opini sangat mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat.  Opini dinyatakan benar, apabila sudah tercapai suatu kesepakatan umum tentang kebenaran opini itu sendiri.
Media bukan hanya mampu mempengaruhi opini publik tetapi media juga mampu mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata sebagai bentuk solidaritas terhadap suatu peristiwa yang ada. Media juga banyak mengajak khalayak untuk memperbaiki perekonomian yang sekarang semakin menurun. Dengan media masyarakat diharapkan lebih mengenal dunianya sehingga mampu mengeksploitasi berbagai peristiwa yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan perilaku menyimak

Perkembangan Teknologi Digital di Indonesia

Perkembangan Media Massa Cetak dari Zaman Penjajahan sampai Sekarang